Kegiatan

Pemerintah Desa Kaliyoso dukung UKM agar terus berkembang

KALIYOSO.  Guna memperluas pengetahuan serta melaksanakan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Kaliyoso mengadakan pelatihan pengolahan produk yang nantinya akan menjadi unggulan Desa Kaliyoso, diketahui sawah di Desa Kaliyoso hanya menghasilkan Tembakau, Jagung, Kedelai dan Palawija, hasil pertanian tersebut belum mampu meningkatkan taraf hidup warga, sehingga perlu diadakan sebuah inovasi agar hasil panen warga tidak dijual mentah dengan harga murah, tetapi dibuat olahan yang bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

Karena permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Kaliyoso mengundang 2 Narasumber Wiwid Bekti Nugroho, SE dari Dinas Perindustrian bidang Koperasi dan UKM, dan juga Yuli Hastuti Setyo Handayani yang merupakan Anggota PKK Bidang 2 kabupaten Kendal.

Pelatihan dilaksanakan 2 hari dibulan Desember diikuti 20 pelaku UKM di Desa Kaliyoso. Hari pertama  pelatihan dimulai dengan pembuatan olahan jagung yaitu Dawet Jagung dan Tortilla Jagung, sedangkan hari kedua membuat olahan Jenang Jagung dan pengemasan produk.

Sekretaris Desa Kaliyoso, Istikomah Nuraeni berharap dengan adanya program pemberdayaan SDM ini, Pelaku UKM Desa Kaliyoso dapat lebih kreatif dan berinovasi dengan produk yang dihasilkan dari hasil panen petani Desa Kaliyoso. Dengan begitu dapat membantu memajukan dan meningkatkan perekonomian warga Desa Kaliyoso

 

Admin