Kegiatan

Bumdes Karya Sejahtera, Menuju Bumdes Berdikari

Kaliyoso. Bumdes Karya Sejahtera milik Pemerintah Desa Kaliyoso yang mulai berdiri pada Tahun 2017 saat ini memiliki 3 unit usaha, meliputi unit simpan pinjam, unit ternak kambing, dan unit pemipil jagung. Namun demikian ketiga unit tersebut belum berkembang maksimal.

Guna meningkatkan SDM pengelolaan system manajemen Bumdes.  Bumdes Karya Sejahtera melaksanakan study banding ke Bumdes Tirta mandiri milik Pemerintah Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Jawa tengah.

Bumdes Karya Sejahtera berangkat didampingi BPD dan Aparatur Perangkat Desa Kaliyoso, rombongan berangkat hari selasa tanggal 24 Desember 2019 pukul 07.00 WIB dan sampai di lokasi study banding yaitu di aula kantor desa ponggok sekitar jam 10.00 WIB.

Acara dimulai dengan sambutan Direktur Bumdes Tirta mandiri, Joko Winarno yang sekaligus sebagai narasumber kegiatan study banding kali ini. Beliau menjelaskan secara detail awal mulanya Bumdes Tirta mandiri yang awalnya merangkak sampai bias berlari mengejar menjadi desa yang notabene miskin menjadi desa yang berdikari, Selanjutnya pengisian materi dilanjutkan oleh kepala desa Ponggok, Junaedi Mulyono, beliau menyampaikan untuk mencari potensi desa lakukanlah Mapping, dengan cara membenahi data desa dengan sebenar – benarnya.

Dengan kegiatan ini Kepala Desa Kaliyoso beserta Direktur Bumdes Karya Sejahtera, Sri Lestari berkomitmen untuk  mengembangkan Bumdes sehingga mampu menjadi Bumdes berdikari.

 

admin